Hapus Bebanmu, agar Langkah Lebih Gesit

Langkah

Oleh: Abu Fachri

1). Hai orang yang berkemul (berselimut), 2). Bangunlah, lalu berilah peringatan! 3). Dan Tuhanmu agungkanlah! 4. Dan pakaianmu bersihkanlah, 5). Dan perbuatan dosa tinggalkanlah, 6). Dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak. 7). Dan untuk (memenuhi perintah) Tuhanmu, bersabarlah .(QS.Al-Mudatsir-1-7)

KAMU adalah umat terbaik yang diciptakan Allah dalam kehidupan ini, firman Allah dalam QS 3:110

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم مِّنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.”

Sudah menjadi hal yang wajar berbagai masalah hidup menjadi beban dalam menggapai kesuksesan. Berbagai kendala dan keterbatasan acapkali menyurutkan langkah untuk menjadi yang terbaik. Alih-alih menjadi gesit dan pantang menyerah, yang terjadi adalah menjadi putus asa dan hilang harapan. Maka Allah perintahkan kepada kita untuk menjauhkan diri dari segala perbuatan dosa dan maksiat sekecil apapun. Jiwa yang bersih dan suci yang terjaga dari noda akan membuat langkahmu gesit dan bisa melaju kencang.

Allah Ta`ala berfirman : ” Ambillah zakat dari sebagian harta mereka , dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka , dan mendo`alah untuk mereka. Sesungguhnya dia kamu itu ( menjadi ) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka, Dan Allah Mendengar lagi Maha Mengetahui “. ( At Taubah, 9 : 103 )

Membersihkan jiwa dari segala beban dan dosa masa lalu adalah dengan membiasakan diri untuk ber sedekah. Jiwa yang kering akan terasa hampa dan jauh dari petunjuk Allah SWT.
Selama Rabbmu masih memberimu kesempatan membuka mata di hari baru, kamu masih punya banyak tugas dan harapan.
Kamu harus yakin, dirimu pribadi tangguh. Mampu mengelola hidup dengan cara-cara terbaik. Kamu tak mudah goyah. Serta tak mudah patah semangat.

Lawan! Lawanlah seluruh keresahan, kecemasan, kegundahan juga kesusahanmu.
Sebab, kamu seorang Muslim. Kamu punya Allah Ta’ala, tempat bergantung dan tempat meminta pertolongan. Hingga hatimu bisa tetap tenang dengan semua ketentuan-Nya.
Hidup itu, jangan lupa bahagia dan bersyukur. Mensyukuri semua nikmat-Nya. Yakinkan dirimu, Allah selalu ada untukmu.

Hapus bebanmu, biar langkah lebih gesit.
Hasbunallahu wa ni’mal wakiil….
Hasbunallahu wa ni’mal wakiil….
Hasbunallahu wa ni’mal wakiil…

yayasangemaindonesiasejahtera.org

Penelusuran Terkait:

3 thoughts on “Hapus Bebanmu, agar Langkah Lebih Gesit

  • Yang kuat saja perlu ada yg menguatkan, yang sdh semangatpun perlu dorngan semangat, Tulisan ini baik utk memberi masukan yg positif

  • Beban tidak bisa dihapus tapi disimpan, seperti tas sekolah yg berisi buku tebal, ketika selesai sekolah diaimpan dilaci buku dirumah

Komentar ditutup.