PEPAYA HAWAI : Si MUNGIL yang NIKMAT kaya MANFAAT

pepaya hawai

Pepaya Hawai

Carica Papaya L atau pepaya, merupakan salah satu buah tropis yang keberadaannya sangat melimpah. Buah manis berwarna cantik ini memang sudah lazim dibudidayakan dalam skala raksasa, termasuk di Indonesia. Permintaan pasar yang stabil membuat banyak petani menggemari usaha cocok tanam pepaya. Pada dasarnya ada beragam jenis pepaya yang dibudidayakan petani. Masing-masing pepaya ini memiliki ciri yang berbeda. Salah satu yang paling unik dan sedang digemari adalah pepaya Hawaii. Selama ini kita identik dengan kerepotan-kerepotan menjaga higienitas saat menyantap pepaya. Namun dengan hadirnya jenis pepaya Hawaii, kerepotan tersebut bisa ditanggulangi. Pepaya Hawaii memang praktis dan tentu bergizi.

 

Ciri-ciri Fisik Pepaya Hawaii

 

Pepaya Hawai memiliki ukuran buah yang kecil. Bentuknya bisa bulat penuh atau bulatan yang agak memanjang. Pepaya mungil ini bisa juga disebut pepaya Solo. Bukan karena berasal dari Solo, Jawa Tengah. Melainkan porsinya yang pas dan cocok untuk dinikmati secara “solo” atau personal. Bobot buah pepaya hawai memang terbilang mini. Ukurannya berkisar di angka 0,5 kilogram saja. Bagi mereka yang menyukai buah pepaya sekali makan, pepaya hawaii ini adalah jawaban paling tepat. Selain praktis, pepaya yang banyak dikembangkan di Hawaii ini ternyata juga memiliki rasa manis yang segar. Daging buahnya agak tebal dengan warna merah juga kuning yang cerah.

 

Sistem budidaya pepaya hawai kurang lebih sama dengan budidaya jenis lainnya. Pohonnya bisa tumbuh subur di wilayah dengan curah hujan yang mencukupi. Saat berbuah, sepanjang batang pohon pepaya hawai biasanya dipenuhi buah-buah muda. Jenis yang satu ini memang dikenal “melimpah” saat berbuah. Dan tidak hanya sebatas di pangkal atas batang paling ujung seperti buah pepaya lainnya.

 

Manfaat Buah Pepaya Hawai

dsc00863

Sama seperti buah pepaya pada umumnya, jenis pepaya hawai juga mengandung beragam senyawa aktif yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan demikian, manfaat menyantap pepaya hawai sama seperti yang diperoleh dari pepaya lainnya. Manfaat tersebut antara lain mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan, sebagai pemasok vitamin C yang tinggi, mengenyangkan sehingga baik untuk diet, dan masih banyak lagi lainnya. Pepaya hawai biasanya dinikmati dengan cara dibelah menjadi dua bagian. Kulitnya tak harus dipisahkan dari daging buahnya. Anda bisa menikmati pepaya hawai dnegan langsung menyendok daging buahnya. Praktis kan?

Penelusuran Terkait: